Desain Pagar Rumah Minimalis Modern Terbaru

Tahukah Anda bahwa, selain berperan penting dari segi keamanan dan kenyamanan dari sang pemilik rumah, sebenarnya fungsi dari pagar tembok rumah lebih dari itu, lho. Iya, salah satunya berupa menambah estetika dan keindahan dari penampilan rumah karena dapat berpengaruh pada tampilan eksterior sebuah bagunan. Anda tentu sering melihat berbagai rumah yang menerapkan berbagai gaya yang dilengkapi dengan model pagar tembok cantik yang eye-catching, bukan? Misalnya dengan membangun pagar yang mengelilingi seluruh halaman rumah dengan aksen-aksen tertentu yang memberikan kesan sesuai dengan gaya rumah yang diterapkan.

Inspirasi Desain Tembok Pagar Rumah Minimalis Terbaru
Inspirasi Desain Tembok Pagar Rumah Minimalis Terbaru via trigonometriconsultant.com

Salah satu model yang mungkin sering Anda lihat adalah rumah bergaya minimalis yang dikombinasikan dengan model pagar tembok rumah minimalis menggunakan besi dan batu hias untuk mempercantik tampilannya. Nah, kira-kira untuk membangun kombinasi yang tepat antara model pagar yang dipilih dengan gaya rumah yang diterapkan, hal apa saja, sih, yang menjadi pertimbangan sang pemilik rumah?

Merencanakan Pagar Tembok Rumah Sesuai Kriteria

Berdasarkan trend yang berkembang pada tahun 2021 ini, salah satu model pagar tembok yang paling diminati adalah model pagar tembok rumah minimalis yang menonjolkan model bergaya sederhana, tidak berlebihan, tetapi tetap terlihat elegan menarik. Kelebihan dari pagar tembok minimalis adalah lebih mudah disesuaikan dengan selera dan preferensi dari sang pemilik rumah karena biasanya, model rumah bergaya minimalis menggunakan bentuk garis yang tegas. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, akhirnya pemilik rumah pun mempunyai kebebasan yang lebih untuk mengulik model pagar yang paling tepat.

Meskipun begitu, bagi Anda yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar mengenai pemilihan pagar rumah yang tepat tetapi berkeinginan untuk membuat sketsa sendiri, terdapat beberapa aspek yang harus dijadikan pertimbangan sehingga model pagar yang dipilih pun sesuai, yaitu sebagai berikut:

Ukuran Pagar

Aspek pertama yang harus dipertimbangkan adalah ukuran pagar tembok minimalis yang dibutuhkan menyesuaikan dengan ukuran rumah Anda, misalnya tipe 36, tipe 45, ataupun tipe lainnya, sehingga ukuran pagar pun tidak akan terlihat berlebihan, bahkan tidak matching. Umumnya, rumah minimalis berukuran kecil dengan satu lantai akan cocok dipadukan dengan pagar berketinggian 150 cm hingga 200 cm, sementara untuk rumah minimalis yang setingkat lebih besar, ukuran pagar yang sesuai adalah 200 cm hingga 250 cm agar terlihat menjadi pagar tembok cantikTidak perlu khawatir apabila rumah terkesan kaku dengan model pagar minimalis karena dengan penataan dan arsitektur yang tepat, gaya minimalis akan tetap terlihat sesuai dengan berbagai gaya rumah.

Desain Rumah

Aspek selanjutnya yang harus selalu diingat adalah: jangan sampai desain rumah minimalis bertabrakan dengan desain pagar tembok yang dipilih. Tentu saja, meskipun terkesan remeh, hal ini akan sangat berpengaruh pada tampilan luar alias eksterior bangunan. Oleh sebab itu, keduanya harus diselaraskan agar saling berharmoni. Misalnya, apabila desain rumah Anda menggunakan motif tertentu, dapat diterapkan untuk dijadikan motif pada pagar dan disulap menjadi pagar tembok minimalis. Hal ini dapat diekslusi apabila Anda menyukai rumah minimalis dengan gaya yang unik, sehingga dapat memadukan dua motif yang kontras, misalnya berupa rumah bergaya mediterania dipadukan dengan pagar bermotif lurus yang kaku.

Aspek Keamanan

Sebaiknya, Anda jangan hanya mempertimbangkan estetika ketika memilih model pagar tembok rumah minimalis, tetapi juga dari aspek keamanan. Apabila rumah Anda berada di lingkungan yang cenderung ramai, misalnya di tengah kota, dengan petugas keamanan yang jarang berjaga, akan lebih baik apabila Anda memilih pagar dengan ketinggian di atas 200 cm. Pagar yang tinggi mungkin terkesan kaku, tetapi dengan pemilihan model dan arsitektur yang tepat, tipe rumah dan model pagar pun dapat dikombinasikan dengan baik.

Kesesuaian Warna

Setelah memilih ukuran pagar yang tepat, menyesuaikan desainnya dengan gaya rumah, kemudian mempertimbangkan faktor keamanan, hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah pemilihan warna pagar rumah. Beberapa orang menganggap bahwa pagar tembok rumah merupakan media yang tepat untuk bereksperimen dengan warna-warna. Hm, Anda boleh saja melakukan hal tersebut, tetapi dengan pemilihan warna yang terlalu banyak, justru pagar tembok rumah akan terkesan lebay, lho. Oleh karena itu, sebaiknya tetap menyesuaikan pemilihan warna dengan warna dominan dari rumah minimalis Anda.

Pemilihan Material Bahan

Eits, ternyata masih ada satu aspek lagi yang harus dipertimbangkan, yaitu terkait dengan material bahan yang digunakan sebagai bahan dasar tempok. Untuk menyulap pagar menjadi pagar tembok cantik, kesesuaian bahan dasar merupakan kunci yang terpenting. Terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan, misalnya bahan semen, kayu, besi, maupun kombinasi dari beberapa bahan. Masing-maisng bahan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, baik dari segi bentuk, harga, hingga daya tahan akibat terpapar cuaca, sehingga Anda perlu lebih teliti ketika memilih bahan yang digunakan. Untuk bentuk pagarnya, Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek yang membangun maupun dengan mencari referensi dari buku-buku arsitektur dan internet.

Nah, berikut tadi merupakan beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai menyulap pagar lama Anda menjadi sebuah pagar tembok cantik yang eye-catching, elegan, tetapi tetap terlihat sederhana. Memang, tidak ada yang melarang Anda untuk bereksperimen dengan berbagai model, gaya, maupun style mengenai bentuk pagar yang Anda inginkan. Tetapi, Anda tetap harus memperhatikan segi estetika dan kesesuaian dengan gaya rumah minimalis Anda. Tentu sangat disayangkan apabila model rumah Anda justru bertabrakan dan kontras dengan model pagar tembok rumah minimalis yang dibangun, bukan?

Desain Model Pagar Rumah Minimalis Modern

Sebuah pagar untuk rumah memang sangat penting untuk membuat penghuninya merasa aman ketika berada dalam rumah atau pun luar rumah. Tanpa pagar penghuni rumah biasanya agak sedikit terganggu. Terlebih lagi kalau daerah rumah Anda termasuk daerah rawan atau ramai penduduk, ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika bersantai. Untuk sebuah pagar memang berguna untuk melindungi penghuninya dari hal yang tidak diinginkan. Ada banyak pilihan pagar untuk rumah Anda. Beberapa referensi desain pagar rumah saat ini memiliki model inovatif dan kreatif. Dengan menggunakan beberapa desain dari pagar yang tersedia, tentu akan membuat rumah Anda terlihat lebih modern dan minimalis.

Membuat pagar rumah tidak hanya memberikan keamanan bagi anda dan benda-benda berharga yang tersimpan di dalam rumah, namun juga akan memberikan nilai estetika jika anda memutuskan untuk menerapkan pagar rumah dengan konsep yang benar.

Membuat pagar tidak hanya sekedar tembok yang ditinggikan atau besi yang menyerupai teralis penjara, tapi juga harus disesuaikan dengan konsep rumah yang anda dirikan, agar nantinya dapat tampil selaras dan membuat tampilan rumah menjadi semakin indah dipandang mata.

Ada banyak pilihan bahan pagar yang bisa anda terapkan, misalnya saja kayu, besi, batu alam maupun bahan semen. Masing-masing dari bahan tersebut sebenarnya bisa dikombinasikan satu dengan yang lainnya untuk membuat tampilan pagar rumah menjadi terlihat lebih apik.

Model Pagar Rumah Minimalis dari Besi

Contoh Model Pagar Rumah Minimalis Terbaru 2021
Contoh Model Pagar Rumah Minimalis Terbaru 2021 via img.over-blog-kiwi.com

Desain pagar rumah minimalis akan menciptkan suasana rumah yang nyaman, elegan, dan modern. Anda juga dapat memadukannya dengan desain klasik. Untuk pemilihan bahan atau meterial, Anda bisa memilih material yang berbahan besi. Material dengan bahan besi bisa membuat pagar Anda tahan lama dan awet, dibanding dengan material berbahan dasar kayu. Pagar yang berbahan kayu apabila terkena hujan dan matahari akan timbul jamur dan lumut, sehingga membuat rumah Anda terkesan kotor dan kumuh.

Desain pagar rumah minimalis dengan berbahan besi memang merupakan pilihan yang cocok. Karena, selain ketahanannya desain pagar yang berbahan besi juga dapat dengan mudah dibentuk sesuai selera. Pagar jenis ini juga sangat cocok untuk semua jenis rumah. Desain pagar minimalis juga lebih mudah dirawat dibanding dengan pagar yang lainnya, karena lebih simpel. Salah satu aksesoris tambahan yang akan mempercantik desain pagar rumah Anda, adalah tambahan pintu besi. Penggunaan pintu untuk pagar besi ini gunanya untuk mengefisiensikan pagar agar lebih mudah membuka dan menutupnya. Pilihlah engsel yang baik untuk pagar besi Anda. Karena, pemilihan engsel yang kurang akan membuat pintu pagar besi Anda cepat rusak.

Penggunaan pintu besi untuk pagar rumah minimalis biasanya dibuat terpisah dengan pagar besi nya. Namun, ada juga yang menyatukannya. Beberapa tambahan aksesoris seperti gambar atau ukiran bunga pada desain pagar rumah minimalis Anda, akan lebih mempercantik dan membuat rumah Anda tampak modern dan berkelas, walaupun masih dalam konsep minimalis.

Model Pagar Rumah Minimalis Batu Alam

Contoh Pagar Rumah Dari Batu Alam Desain Terbaru
Contoh Pagar Rumah Dari Batu Alam Desain Terbaru via jayawan.com

Untuk saat ini jenis batuan alami menjadi bahan pembuat pagar yang paling diburu, entah itu akan digunakan secara keseluruhan ataupun hanya digunakan sebagai kombinasi dari bahan yang lainnya saja. Dalam membuat pagar dari batu alam, anda perlu mengenal jenis-jenis susunannya agar nantinya bisa disesuaikan dengan selera.

Pola acak atau puzzle

Pemasangan batu alam dengan pola puzzle akan memberikan kesan yang natural sebab tidak akan ditemui sisi kesamaan antara batuan yang anda pasang, berbeda halnya jika anda menggunakan batuan yang telah diproses dari pabrik yang memiliki ukuran yang sama dengan harapan bisa lebih mudah dipasang dan membuat kesan yang rapi. Pemasangan dengan pola acak akan terlihat lebih eksotis dan pastinya menawan.

Pola daun sirih

Hampir mirip dengan pola acak dimana pemasangannya dikombinasikan dengan bentuk batu yang memanjang dan disertai dengan jenis batuan yang lebih kecil. Memasang batu alam dengan pola ini memang agak lebih rumit agar tersusun rapi dan indah.

Pola susun bata

Jenis pola ini paling mudah untuk diterapkan, hasilnya akan memberikan tampilan yang memanjang. Anda akan sering menjumpai susunan ini di setiap rumah minimalis.

Pola susun kue lapis

Untuk jenis susunan yang satu ini banyak diterapkan pada rumah mewah, jika diterapkan dengan benar tampilan susunan pola batuan alaminya akan sangat mengesankan. Demikian adalah beberapa contoh Gambar Pagar Rumah Minimalis Dengan Batu Alam semoga dapat memberikan inspirasi yang positif untuk anda.

Contoh Desain Pagar Rumah Minimalis Modern Terbaru

Berikut ini kami sajikan contoh desain pagar rumah minimalis modern terbaru yang bisa anda jadikan referensi dalam membangun rumah idaman anda. Jangan lewatkan untuk melihat semua gambar dengan mengklik thumbnail di bawah.

Demikianlah informasi mengenai Desain Pagar Rumah Minimalis Modern Terbaru. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai Ide Desain Rumah Terbaru yang satu ini? Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi dan menambah wawasan seputar Desain Pagar Rumah Minimalis Modern Terbaru kepada anda. Silahkan melihat kategori Rumah Minimalis dan Desain Rumah terbaru lainnya di katalog idesainrumah.com yang telah disediakan pada halaman ini atau dapat juga melihat sesuai kategori yang ada di atas. Terima kasih.