20 Inspirasi Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah

Mendesain rumah menjadi lebih nyaman adalah impian banyak orang. Kita bisa membuat desain interior rumah minimalis mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dapur hingga ruang ibadah / mushola. Memanfaatkan sedikit ruang dalam rumah untuk dijadikan ruang ibadah bisa menjadi ide yang menarik.

Sebagai kaum muslim, sholat ialah kewajiban dari tiap umatnya. Mayoritas kaum muslim melaksanakan ibadah di dalam kamar tidur ataupun ruangan lainnya karena tidak mempunyai area khusus untuk mushola.

Desain Mushola Dalam Rumah Terbuka
Desain Mushola Dalam Rumah Terbuka

Desain rumah minimalis adalah salah satu konsep yang banyak dipakai masyarakat Indonesia saat membangun rumah, tetapi apakah Anda tertarik mempunyai mushola berkonsep seperti itu?

Tips Membuat Mushola Di Dalam Rumah

Letak Mushola di Rumah

Mushola bisa dibuat di dalam ataupun di luar rumah. Untuk membuat sebuah mushola di rumah, silakan memilih tempat yang dapat memberikan rasa kenyamanan ketika hendak ataupun disaat menunaikan ibadah sholat, sehingga dapat khusuk melaksanakannya. Penempatan ruangan mushola ini juga bersinggungan dengan tata ruang di dalam rumah, itu jika anda menempatkannya di dalam rumah. Sebaliknya, mushola yang berada di luar rumah akan minim bersinggungan dengan penataan ruangan lain, sehingga akan lebih gampang dalam mendesain serta mengarahkannya ke kiblat.

Mushola di dalam rumah sebaiknya mendapatkan cahaya alami, selain hemat energi listrik juga dapat mengurangi kelembaban ruangaan. Udara sebaiknya dapat keluar masuk dengan lancar agar ruangan tidak pengap, sehingga nyaman untuk dipakai sebagai tempat shalat keluarga.

Ukuran Luas Mushola

Hal ini berkaitan  dengan ketersediaan lahan sebagai tempat untuk membuat mushola di rumah anda. Semakin luas lahan yang tersedia maka akan semakin mudah untuk menentukan seberapa luas yangg dibutuhkan. Namun untuk anda yang memilliki lahan terbatas jangan berkecil hati, karena anda juga dapat membuat mushola di dalam rumah walaupun dengan jumlah jamaah yang lebih sedikit tentunya.

Untuk menentukan ukuran ruang mushola, yang paling mudah yaitu dengan menggunakan ukuran sajadah orang dewasa. Rata-rata panjang sajadah pada umumnya antara 110 cm – 120 cm, sedangkan untuk lebarnya 50 cm sampai 70 cm.

Setelah memnentukan ukuran mana yang nyaman dan sesuai untuk seluruh penghuni di rumah anda, selanjutnya silakan tentukan jumlah shaf dan setiap shaf terdiri berapa orang jamaah sesuai yang anda inginkan. Sebaiknya antar shaf di beri jarak kurang lebih 10 cm. Dengan begitu anda dapat menentukan seberapa luas lahan yang diperlukan untuk membuat mushola tersebut.

Arah Mushola

Walaupun sholat harus menghadap ke arah kiblat, bukan berarti anda harus membangun ruang mushola menghadap ke kiblat. Karena mushola akan bersinggungan dengan ruang lainnya di dalam rumah, maka akan sangat sulit untukmembuat sebuah mushola menghadap ke arah kiblat kecuali jika memang sejak awal pembangunan rumah, anda sudah merencanakan untuk membangun sebuah mushola sehingga ruang mushola tersebut akan disesuaikan dengan ruang yang lain.

Yang patut anda harus garis bawahi adalah, ruang sholat tidak harus selalu menghadap ke kiblat, yang terpenting yaitu posisi anda ketika sholat menghadap ke kiblat. Jika ruang mushola tidak menghadap ke arah kiblat, Anda cukup mengatur sajadah ke arah yang benar. Oh iya, usahakan juga tidak membuat pintu yang berhadapan langsung dengan arah sholat , sebab akan mengganggu ketika beribadah.

Lantai, Dinding, Dan Atap Mushola di Dalam Rumah

Lantai mushola hendaknya lebih tinggi daripada lantai yang lain, terlebih dengan lantai tempat wudhu serta lantai kamar mandi yang berada di sekitarnya. 20 cm – 50 cm adalah ukuran ideal dari ketinggian lantai mushola yang dapat diterapkan.

Untuk dinding sebaiknya menggunakan warna yang nyaman dipandang dan tidak terlalu mencolok. Dinding dan plafon usahakan tinggi supaya mushola mempunyai kesan luas dan lega. Yang terpenting usahakan agar lantai, sajadah, karpet, serta alas sholat lainnya selalu dalam kondisi kering agar tidak bau sebab bagaimanapun harus dapat menjauhkan dari hal-hal yang bisa mengganggu kekhusukan dalam sholat.

Usahakan tidak memasang jendela yang terlalu transparan atau tembus pandang sehingga dapat membuat terlihatnya bagian dalam mushola dari luar rumah, karena rumah nuansa Islami adalah rumah yang menjaga aurat penghuninya. Tetapi jikalau memang harus memasang sebuah jendela, sebaiknya menggunakan jenis kaca seperti kaca reflektif, kaca es, atau kaca lainnya yang tidak tembus pandang namun tetap transparan.

Dekorasi Mushola dalam Rumah

Hiasan dinding mushola dalam rumah sebaiknya jangan berlebihan. Anda dapat menempelkan kaligrafi yang minimalis seperti tulisan Allah dan Muhammad atau juga dapat memasang foto ka’bah. Ornamen dinding dibuat yang sederhana saja jika menerapkan konsep desain minimalis.

Tempat Wudhu Dan Kamar Mandi

Tempat Wudhu Minimalis
Tempat Wudhu Minimalis
Desain Tempat Wudhu Dalam Rumah
Desain Tempat Wudhu Dalam Rumah

Tidak lengkap jika sebuah ruangan sholat tidak memiliki tempat wudhu dan kamar mandi. Namun apabila telah memilikinya, ini juga tidak jadi sebuah masalah karena wudhu berkaitan dengan sahnya sholat, sehingga tempat wudhu harus menjadi perhatian.

Sebaiknya tempat untuk berwudhul ini berada di dekat mushola. Tetapi jangan sampai cipratan air wudhu membasahi tempat sholat, apalagi jika terdapat kamar mandi di samping tempat wudhu agar najis tak berpindah dari kamar mandi ke dalam mushola.

Desain Mushola Minimalis dalam Rumah

Dengan adanya mushola minimalis kamu dapat melakukan ibadah Bersama keluarga. Meskipun ukuranya minimalis tapi, bila diberi kesan sedikit seni pasti akan terasa indah dan kamu bisa khusyuk dalam beribadah. Berikut ide desain mushola dalam rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu.

Mushola Minimalis Dengan Tempat Wudhu

Desain Ruang Sholat Dalam Rumah Dan Tempat Wudhu Minimalis
Desain Ruang Sholat Dalam Rumah Dan Tempat Wudhu Minimalis

Fungsi tempat wudhu dalam mushola agar memudahkan kamu saat berwudhu. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke kamar mandi lagi. Akan tetapi, kamu perlu memasang sekat pembatas supaya cipratan air wudhu tidak membasahi ruang sholat. Agar tidak terlihat lebih menarik kamu bisa menambahkan desain atau wallpaper islami pada dinding mushola dan sedikit tanaman alami yang diletakkan di dekat tempat wudhu.

Mushola Minimalis Dengan Desain Cold

Penempatan Mushola Dalam Rumah
Penempatan Mushola Dalam Rumah

Warna biru merupakan warna yang natural dan terlihat segar. Bila kamu menambahkan  warna biru pada dinding, mushola minimalis di dalam rumahmu pasti akan memiliki kesan cold. Ditambah dengan beberapa hiasan dinding, vas bunga ataupun karpet dengan paduan warna biru. Ornamen tersebut akan memadukan kesan mushola lebih segar.

Mushola Minimalis Dengan Tema Alam

Desain Mushola Rumah Konsep Alam
Desain Mushola Rumah Konsep Alam

Bagi kamu pecinta warna hijau tema alam bisa menjadi salah satu ide desain mushola dalam rumah. Mewarnai dinding dengan perpaduan warna hijau, hiasan dinding dengan bertema alam dan kamu juga bisa menambahkan tanaman hias asli di setiap sudut mushola sehingga tema alam lebih terlihat.

Mushola Minimalis Dengan Desain Firewood

Desain Mushola Rumah Bawah Tangga
Desain Mushola Rumah Bawah Tangga

Tema firewood memang sering digunakan untuk desain rumah minimalis. Tapi, desain firewood juga sangat cocok untuk mushola minimalis dalam rumah. Disini kamu bisa sedikit membuat satu atau dua anak tangga yang berdesain firewood. Lantai tempat ibadah juga kamu lapisi dengan desain firewood. Sehingga, kesan firewood lebih menonjol.

Mushola Minimalis Dengan Pemandangan Taman

Desain Mushola Dalam Rumah Dengan Taman
Desain Mushola Dalam Rumah Dengan Taman
Desain Mushola Dalam Rumah Minimalis Keren
Desain Mushola Dalam Rumah Minimalis Keren

Membuat mushola minimalis dalam rumah langsung menghadap ke taman sangatlah menarik. Biasanya mushola akan diletakkan di samping atau belakang rumah yang dekat dengan taman. Pasang dinding kaca pada bagian luar supaya pemandangan taman nampak jelas dan juga untuk menghindari cipratan air ketika hujan. Pemandangan nyata seperti ini pasti akan membuat kamu rajin beribadah.

Mushola Minimalis Dengan Desain Dinding Kaligrafi

Desain Interior Mushola Dalam Rumah Dinding Kaligrafi
Desain Interior Mushola Dalam Rumah Dinding Kaligrafi
Dekorasi Mushola Dalam Rumah Dengan Kaligrafi Dinding
Dekorasi Mushola Dalam Rumah Dengan Kaligrafi Dinding

Ide desain mushola dalam rumah selanjutnya kamu dapat mendesain dinding mushola dengan ukiran kaligrafi. Ukiran tersebut bisa berupa ayat-ayat suci Al-quran, Asma’ul Husna, nama Allah, nama Nabi Muhammad yang masih banyak lagi. Dengan begitu, mushola minimalis dalam rumah terlihat nyata seperti mushola pada umumnya.

Contoh Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah Kekinian

Model rumah minimalis banyak diminati dikarenakan tampilannya yang simpel dengan kombinasi warna-warna monokromatis. Mushola juga bisa dirancang sesuai dengan konsep rumah minimalis. Berikut idesainrumah berikan contoh desain mushola untuk rumah minimalis Anda.

Demikianlah informasi mengenai 20 Inspirasi Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai Ide Desain Rumah Terbaru yang satu ini? Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi dan menambah wawasan seputar 20 Inspirasi Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah kepada anda. Silahkan melihat kategori Desain Rumah, Interior dan Desain Rumah terbaru lainnya di katalog idesainrumah.com yang telah disediakan pada halaman ini atau dapat juga melihat sesuai kategori yang ada di atas. Terima kasih.