Cara Mudah Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur

Cara mengatasi dinding lembab – Adakalanya kita melihat tembok rumah terkelupas padahal belum ada 3 bulan ini baru saja dicat, jika hal itu terjadi maka jangan tergesa-gesa untuk menyalahkan kualitas dari cat tersebut yang perlu dilakukan pertama kali adalah cari apa penyebab dinding menjadi terkelupas agar dengan menemukan penyebabnya maka kita akan dapat mudah mengatasinya.

Cara Mengatasi Dinding Lembab
Cara Mengatasi Dinding Lembab

Penyebab dari mengelupasnya cat dinding itu karena kondisi dinding yang tiap harinya memang lembab bisa karena terkena air ataupun rembesan air dari pipa rumah yang konstuksinya perlu diperbaiki atau bisa jadi posisi dinding yang di samping taman sehingga ketika menyiram tanaman maka terkena dinding atau tembok tersebut sehingga lembab lalu lama lama mengelupas, penyebab lainnya adalah bisa jadi pengerjaan dinding yang kurang baik oleh para tukang di masa lalu.

Kegiatan mengecat ulang dinding lembab serta berjamur memang terkadang harus dikerjakan sebab permukaan dinding yang terlihat berjamur serta lembab itu terlihat kotor dan terlihat kusam, jadi kita perlu menjaga kebersihan supaya rumah selalu terlihat bagus, cara terbaik untuk mengatasi jamur dan lembab adalah dengan cara mengecat ulang tembok tersebut akan tetapi sebelumnya anda harus mengatasi dinding yang lembab dan berjamur itu sebelum mulai kegiatan cat ulang dengan cat untuk tembok lembab dan berjamur.

Sementara itu apabila kondisi tembok saat ini terlihat baik maka penyebab mengelupasnya dinding itu adalah karena kualitas plamir tidak baik serta proses pengecatan yang tidak benar contohnya kondisi tembok saat itu belum kering tapi sudah buru-buru dicat padahal harusnya menunggu tembok itu kering terlebih dahulu baru dicat, oleh karena itu salah satu cara mengatasinya adalah cobalah untuk cat ulang tembok atau dinding itu.

Cara Mengatasi Tembok dan Dinding Rumah Lembab

Tips dan cara mudah mengecat ulang tembok dan dingin yang lembab

  • Jika penyebab dari pengelupasan yaitu dikarenakan kebocoran maka cobalah untuk memperbaiki apa penyebab kebocoran itu dengan segera agar hasilnya optimal karena apabila dibiarkan maka kegiatan mengecat ulang pun jadi kurang efektif.
  • Keroklah lapisan cat yang terkelupas itu hingga permukaan dinding jadi terlihat lalu segera untuk bersihkan permukaan dinding dai sisa cat dan debu, kemudian lapisi dengan cat dasar atau disebut dengan alkali primer sementara itu tunggu hingga cat dasar mengering dengan sendirinya.
  • Carilah cat tembok dengan mutu yang baik dalam arti memiliki elastisitas serta daya rekat yang bagus agar daya tahan lebih awet serta tidak harus mengecat ulang berkali kali dengan jangka waktu lama.

Cat yang bagus untuk tembok lembab

Saran dari kami anda bisa menggunakan cat tembok merek apapun itu tapi gunakanlah cat tembok yang mengandung akrilik terlebih lagi untuk dinding bagian luar, pastikanlah lapisan awal telah mengering dengan baik saat akan memulai pengecatan, sesudah itu barulah coba untuk mengaplikasikan cat lapisan kedua agar terlihat bagus.

Cara mengatasi tembok berjamur

Mulailah mengikis permukaan dinding lembab tersebut dengan skrup atau berbagai alat lainnya untuk menghilangkan lapisan-lapisan dinding yang terlihat mengelupas ataupun bergelembung. Kemudian sikat atau amplas dinding agar bersih dan rata. Lalu, lapisi permukaan dinding yang sudah diamplas dengan menggunakan cat untuk tembok lembab dan berjamur serta cat dasar atau sealer (memiliki sifat kedap air atau waterproof). Atau, anda dapat melapisinya dengan plamir tipis sebelum mulai segera melapisinya dengan cat dasar.

Cara Mengecat ulang dinding berjamur menggunakan cat untuk tembok lembab dan berjamur

Umumnya dengan adanya dinding yang berjamur biasanya tidak terlepas dari dinding yang lembab. Dikarenakan lembablah yang menyebabkan dinding berjamur. Ole sebab itu, cara mengatasi dinding berjamur tidak jauh berbeda dengan dinding lembab. Cuma, cara berikut ini juga perlu untuk anda lakukan.

  1. Langkah pertama yaitu kita bersihkan dulu permukaan yang ditumbuhi jamur,
  2. Semprot daerah berjamur dengan gunkanan fungisida agar jamur mati dan tidak tumbuh lagi,
  3. Agar jamur benar-benar mati, biarkan dulu selama sehari semalam,
  4. Bersihkanlah dinding dengan sikat sehingga jamur hilang sampai ke akar-akarnya,
  5. Sesudah permukaan dinding bersih, segera lapisi dengan cat dasar yang kedap air (waterproof atau sealer),
  6. Terakhir kita tunggu sampai dinding benar-benar kering, kemudian kita bisa memulai proses pengecatan ulang dinding yang berjamur menggunakan cat untuk tembok lembab dan berjamur yang tersedia di pasaran.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai Ide Desain Rumah Terbaru yang satu ini? Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi dan menambah wawasan seputar Cara Mudah Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur kepada anda. Silahkan melihat kategori Tips dan Desain Rumah terbaru lainnya di katalog idesainrumah.com yang telah disediakan pada halaman ini atau dapat juga melihat sesuai kategori yang ada di atas. Terima kasih.