Cara Membersihkan Toren Air dengan Benar

Cara membersihkan toren air – Perlu anda ketahui jika telah memiliki toren air tersebut agar selalu bersih. Baik toren air ataupun tangki air adalah tabung besar yang berfungsi sebagai tempat menampung serta menyimpan air, jadi keberadaan toren air ini banyak kegunannya, pada jaman sekarang ini tidak sedikit wilayah perumahan terutama untuk rumah tingkat biasanya selalu ada toren air di atasnya setiap rumah umumnya telah ada toren air masing-masing.

Cara Membersihkan Toren Air dari lumut

Dilihat dari kegunaannya yang memang sebagai tempat untuk menampung air bersih, oleh sebab itu kita harus tetap menjaga agar toren teap bersih pada bagian dinding-dinding di bagian dalam toren air dan toren air tersebut agar selalu aman untuk digunakan.

Tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan kebersihan toren air ini karena mungkin sibuk ataupun susah serta tidak tahu bagaimana cara membersihkan toren air dengan benar tapi mudah. Oleh karena itulah kami akan memberi tahu anda caranya.

Cara membersihkan Toren Air dari Lumut dengan benar

Pilih waktu yang Tepat

Langkah pertama adalah kita pastikan terlebih dahulu untuk merencanakan kapan waktu yang tepat untuk membersihkan tandon atau toren air. Hal ini tentu saja agar memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda saat membersihkan toren. Apabila anda telah menentukan harinya, maka selanjutnya Anda dapat mengurangi kapasitas air di dalam tandon dan mematikan saklar otomatis pompa air sehingga tidak menyala dan mengisi air dalam toren .

Buang air di dalam toren

Pastikan kembali air di dalam toren ada tinggal sedikit. Apabila airnya masih banyak, maka ini akan terasa memperlambat pekerjaan Anda. Sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan poin 1 di atas.

Mulai bersihkan bagian dalam toren

Kemudian bersihkan bagian dalam tangki menggunakan spons atau kain lap. Umumnya, lumut hanya menempel di dinding bagian dalam toren saja tidak di luarnya, Kita mampu membersihkannya hanya menggunakan kain lap atau spons. Jangan menggunakan sikat, terlebih sikat kawat, karena itu dapat menggores atau merusak dinding bagian dalam toren atau tangki air.

Jika tidak terjangkau oleh tangan maka lakukan pembersihan menggunakan alat pel yang memiliki batang atau pegangan. Di samping itu, Anda juga dapat batang sapu atau kayu atau saja yang ujungnya sudah dilapisi dengan kain bersih.

Buang sisa air

Setelah semua bagian dalam toren sudah dilap dan lumut sudah bersih, buang sisa-sisa air melalui lubang pipa pembuangan dengan cara membuka penutupnya (Setiap tangki air biasanya sudah disediakan saluran atau pipa pembuangan). Lalu, bilas keseluruhan bagian dalam toren dengan air bersih. Lakukanlah hingga toren benar-benar terlihat bersih dan sudah tidak ada lumutnya lagi.

Isi toren dengan air

Terakhir apabila tangki air sudah bersih dan siap untuk segera diisi kembali dengan air yang bersih, maka pastikan Anda memasang kembali penutup pipa saluran pembuangan air tersebut.

Sedikit catatan bahwa sebelum anda melakukan kegiatan pembersihan toren air pertama coba untuk pastikan cek terlebih dahulu apakah tandon air itu telah perlu untuk waktunya dibersihkan, cek bagian luar lalu bagian pipa paralon apakah masih berfungsi dengan benar cek juga jika ada kebocoran, setelah mengecek semuanya sampai tak ada masalah barulah kita periksa bagian dalam toren air apabila di dalamnya terdapat banyak lumut hijau atau air di dalam sudah tidak bersih lagi maka kuraslah terlebih dahulu airnya lalu mulai menyikat bagian dalam toren air tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membersihkan Toren Air dengan Benar. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai Ide Desain Rumah Terbaru yang satu ini? Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi dan menambah wawasan seputar Cara Membersihkan Toren Air dengan Benar kepada anda. Silahkan melihat kategori Tips dan Desain Rumah terbaru lainnya di katalog idesainrumah.com yang telah disediakan pada halaman ini atau dapat juga melihat sesuai kategori yang ada di atas. Terima kasih.