5 Tips Merancang Interior Rumah Minimalis

Minimalis, sebagai sebuah tren yang mampu masuk ke dalam berbagai aspek kehidupan. Dari kesenian, arsitektur, dan gaya hidup. Anda harus  benar-benar memahami mengapa minimalis mampu memberikan daya tarik lebih. Terlebih menjadi cara baru dalam mendesain bangunan hingga interior sebuah hunian. Dengan begitu, anda bisa dengan maksimal menikmati interior rumah minimalis.

Hunian Minimalis Sebagai Gaya Hidup

Konsep dasar hidup atau gaya hidup minimalis adalah memberikan ruang lebih terhadap fungsi dari ruangan atau furniture. Caranya dengan meminimalisir sesuatu hal yang tidak dapat maksimal fungsinya.

Penyederhanaan ini merupakan upaya agar kita bisa menjadi lebih fokus. Atau secara mudahnya, kita dapat memberikan perhatian lebih terhadap satu hal. Bisa juga memberikan manfaat lebih untuk hal lain yang menjadi prioritas.

Karakteristik hunian minimalis

Berikut beberapa karakteristik hunian yang dapat dikatakan minimalis, seperti :

  • Mempunyai fungsi yang lugas

Tentu saja rumah minimalis harus memiliki bentuk dan fungsi yang jelas. Rumah minimalis biasanya akan memberikan fungsi ruang dengan lugas. Oleh karena itu, rumah minimalis sangat cocok untuk hunian dalam luasan yang tidak terlalu besar.

Dengan memberikan fungsi tiap ruangan yang sesuai. Atau memaksimalkan setiap level (lantai) bangunan secara maksimal.

Penggunaan ruang terbuka, serta aksen pada dinding maupun pada sekat antara ruang yang tidak rumit.

  • Sederhana namun menarik

Tampak sederhana tetapi memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya dalam penggunaan aksen dinding pada ruangan. Penampakan rumah minimalis juga akan tampak dari luar ruangan dan atap. Dengan corak sederhana dengan berbagai bukaan juga merupakan salah satu ciri rumah minimalis.

  • Ruangan yang memaksimalkan pencahayaan

Ruang terbuka untuk memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan. Memaksimalkan fungsi ruang terbuka untuk memberikan pencahayaan dan sirkulasi udara. Merupakan nilai lebih pada rumah minimalis. Penyederhanaan ini mampu memberikan fungsi efisien dalam penggunaan alat listrik pada umumnya.

  • Dekorasi dan Furniture sederhana

Tanpa mengesampingkan kebutuhan, setiap dekorasi atau furniture mampu membantu pemilik rumah untuk hidup lebih efektif.

  • Memaksimalkan penggunaan material untuk mampu memberikan fungsi artistik dan fungsi guna secara bersamaan.

Begitu pun dalam desain interior rumah minimalis, karakteristik tersebut akan tetap melekat. Dengan perpaduan yang sesuai, tidak hanya fungsi yang dapat anda dapatkan dengan maksimal. Akan tetapi juga keindahan secara visual juga bisa anda dapatkan dalam interior rumah minimalis.

Tips untuk Interior Rumah Minimalis

Saat anda menginginkan sebuah hunian minimalis. Tentu saja untuk keseluruhan konsep harus matang. Dari eksterior rumah, hingga interior rumah, yang akhirnya akan menuntut untuk memilih furniture yang senada.

Oleh karena hal itu, anda dapat menata atau merencanakan interior rumah minimalis menggunakan beberapa tips berikut.

1. Pemilihan Warna Tidak Hanya Putih

Warna Cat Interior Minimalis
nordicdesign.ca

Apabila anda beranggapan jika minimalis hanya menggunakan warna yang monoton, mungkin anda sedikit keliru. Karena fungsi utama pada pemilihan warna pada interior rumah minimalis adalah kesan tenang, dan tidak banyak warna yang mencolok.

Keterpaduan warna merupakan hal yang utama. Memang warna putih merupakan warna netral yang bisa anda terapkan pada berbagai hal sekaligus. Tetapi tidak hanya warna putih, anda dapat menggunakan perpaduan warna lain yang sama lembutnya.

Atau memilih warna lain yang lebih padat untuk menambahkan aksen tegas lain. Seperti hitam, coklat tua, atau biru tua. Selama tidak membuat kesan penuh pada ruangan tersebut.

2. Pemilihan Perabot yang Berkualitas

Interior Dapur Minimalis Modern
pinterest

Pemberian kesan sedikit klasik pada ruangan minimalis tidak pernah salah. Hanya sentuhan ringan saja, tidak memenuhi ruangan secara keseluruhan.

Pemilihan perabot ini lebih memiliki fungsi kepada kenyamanan. Untuk anda ataupun keluarga untuk bisa berlama-lama menikmati ketenangan dalam ruangan. Tidak ada perabot yang sama dengan fungsi yang sama juga. Semuanya pas dan sesuai untuk kebutuhan anda.

Hal ini bermanfaat agar anda tidak mudah untuk menghabiskan uang. Hanya untuk memenuhi rumah dengan perabot yang memiliki fungsi yang sama. Selain itu, ada kesan lega dan luas pada ruangan tersebut.

3. Memilih dan Memilah Secara Berkala

Interior Rumah Minimalis
myparadissi.com

Saat ini juga, mungkin anda bisa melihat dalam lemari barang atau dapur. Akan begitu banyak hal-hal yang sudah lama tidak lagi anda gunakan.

Untuk gaya interior minimalis, memang ada beberapa hal yang harus anda korbankan. Seperti perkakas yang sudah tidak lagi anda gunakan, baju yang sudah tidak layak. Bisa dengan segera anda jual, sumbangkan atau anda buang.

Tetapi tidak untuk barang yang memiliki nilai historis yang sentimental untuk anda.

Dengan seperti itu, anda akan dapat melihat ada banyak ruangan kosong yang bisa anda manfaatkan. Bahkan mungkin ada satu atau dua lemari yang sudah tidak anda butuhkan lagi.

4. Seimbangkan Ruangan dengan Bahan-Bahan Alami

Contoh Interior Rumah Minimalis
pinterest

Secara ajaib, barang-barang yang anda dapatkan dari alam dapat memberikan ketenangan tersendiri. Seperti bunga atau tanaman segar dan terawat dari halaman rumah untuk mengisi vas dalam rumah.

Vas dengan warna cerah, kemudian memiliki aksen hijau natural dari daun, mungkin juga warna kuning atau merah dari bunganya. Dapat secara instan mempercantik dan memberikan ketenangan pada ruangan anda.

Warna coklat kayu pada beberapa perabot juga mampu memberikan kesan berbeda pada ruangan anda. Seperti pada pintu kayu tanpa cat, kaki meja atau pun kursi dan beberapa perabot lain.

5. Pencahayaan Adalah Segalanya

Pencahayaan Interior Minimalis
ames-interiors-blog.com

Jadi, saat anda membangun rumah dengan konsep minimalis, keberadaan ruang terbuka untuk sirkulasi udara dan cahaya pasti sudah anda perhitungkan. Atau anda dapat meminimalisir sekat antara ruang yang terlalu banyak aksen.

Memanfaatkan pencahayaan alami dapat memberikan kenyamanan terhadap penghuni, dan tentunya akan lebih sehat. Pengaturan cahaya ini tidak serta merta mengorbankan kenyamanan. Seperti ruangan menjadi terlalu panas, atau terlalu silau.

Pemilihan sumber pencahayaan tambahan seperti lampu, juga harus anda pertimbangkan. Anda dapat memberikan beberapa lampu kecil yang mengarah kepada perabot atau hiasan tertentu. Tentu dengan dukungan lampu utama pada pusat ruangan.

Minimalis tidak berarti harus membosankan. Bahkan dengan desain interior rumah minimalis yang tepat. Hunian anda dapat dengan muda terlihat begitu elegan dan berkelas. Jadi jangan takut untuk mendekorasi ulang ruangan anda dan mendapatkan benefit maksimal dengan desain interior minimalis.

Tips tersebut akan mudah diterapkan  jika anda masih dalam tahap perencanaan hunian. Tetapi akan menjadi tantangan tersendiri jika anda akan mendekorasi ulang ruangan anda.

Karena beberapa perubahan dapat menjadi perubahan mayor/ besar pada rumah anda. Dari eksterior hingga interior secara keseluruhan. Atau perubahan minor, seperti mengubah warna dinding dan memilah beberapa perabot utama saja.

Tentu gaya hidup minimalis tidak hanya berada pada bagaimana kita menata ruang, dan memaksimalkannya. Atau memilih perabot yang usang dan tidak lagi ada daya gunanya.

Lebih dari pada itu, gaya hidup minimalis adalah memaksimalkan segala hal yang kita miliki untuk memberikan fungsi maksimal. Semoga bermanfaat, ya!

Demikianlah informasi mengenai 5 Tips Merancang Interior Rumah Minimalis. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai Ide Desain Rumah Terbaru yang satu ini? Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi dan menambah wawasan seputar 5 Tips Merancang Interior Rumah Minimalis kepada anda. Silahkan melihat kategori Interior dan Desain Rumah terbaru lainnya di katalog idesainrumah.com yang telah disediakan pada halaman ini atau dapat juga melihat sesuai kategori yang ada di atas. Terima kasih.